Pengertian Tentang Apa itu Komputer ? Komputer adalah

Pengertian Tentang Apa itu Komputer ? Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah kumpulan data menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya. Kata komputer pada mulanya dipergunakan untuk menggambarkan seseorang yang perkerjaannya melakukan sebuah perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu apapun, tetapi arti kata ini perlahan kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri dan terciptalah nama Komputer untuk menggambarkan sebuah alat untuk menghitung.

Pengertian, Sejarah & Manfaat Komputer


Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif dan selalu berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern sekarang ini dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Pengertian Komputer


Itu Pengertian Komputer versi Wikipedia ada juga yang mengartikan Komputer sebagai serangkaian ataupun sekumpulan mesin elektronik yang tersusun atas ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama satu dengan yang lain, sehingga membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem inilah yang kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara sistematis dan otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Jika disimpulkan secara singkatnya Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan ya Manusia. Karena itulah Komputer diciptakan.

Sejarah Komputer


Sejarah Komputer bisa dibilang sangat panjang, dan sangat rumit untuk dipelajari seorang pemula seperti saya, karena memang penemuan Komputer Canggih seperti sekarang ini terdiri dari penemuan-penemuan luar biasa pada masa lalu.

  1. Komputer Generasi Pertama

    Komputer Generasi pertama
    Komputer Generasi Pertama

    Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

  2. Komputer Generasi Kedua

    Komputer Generasi kedua
    Komputer Generasi Kedua

    Pada tahun 1948, penemuans transistor pertama kalinya sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

  3. Komputer Generasi Ketiga

    Komputer Generasi ketiga
    Komputer Generasi Ketiga

    Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958.

  4. Komputer Generasi Keempat

    Komputer Generasi keempat
    Komputer Generasi Keempat

    Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

  5. Komputer Generasi Kelima

    Komputer Generasi kelima
    Komputer Generasi Kelima

    Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Cukup panjang memang sejarah Komputer, dimulai dari penemuan perdananya pada tahun 1941 dan terus berkembang hingga menjadi Komputer masa depan yang super canggih seperti yang kita lihat sekarang ini. Dulu, boro-boro untuk dijinjing, diangkat saja susahnya minta ampun, coba bayangkan dengan komputer sekarang, bisa dipindah dengan mudah karena memang dari segi fisiknya tidak terlalu besar, apalagi Komputer jenis Laptop yang memang di desain untuk mobile atau dibawa kemana-mana.

Sebagai informasi tambahan, Komputer dibedakan menjadi dua :

  • Laptop
  • Desktop

Desktop adalah Komputer yang ada di rumah-rumah, atau biasa disebut Komputer Rumahan, sementara Laptop ya rasa sudah sangat jelas apa artinya.

Jika ditanya apa itu perbedaan Komputer Laptop dan Komputer Desktop maka jawabannya simple, yaitu ada pada komponennya, dimana rata-rata Laptop selalu menggunakan VGA On-Board yang sudah menyatu dengan Processor dan RAM-nya pun terkadang sudah di solder jadi tidak bisa diganti, ini jelas berbeda dengan Komputer Desktop yang bisa serba dimodifikasi, mulai dari VGA, Processor, RAM dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya, jika Anda hanya ingin menggunakan Komputer di Rumah saja, maka pilihlan Komputer Desktop, sebaliknya jika ingin dibawah kemana-mana maka pilihlah Komputer Laptop.

Manfaat Komputer


Komputer diciptakan untuk berbagai hal tapi yang pasti semuanya betujuan untuk memudahkan pekerjaan Manusia itu sendiri, sebagai contoh program atau aplikasi di dalam Komputer yang benar-benar berguna sebagai sarana pembelajaran yang efektif bagis para siswa, selengkpanya mengenai fungsi dari Kompute bisa Anda baca di artikel ini Fungsi dan Manfaat Komputer.

Itu saja pengerti Pengertian Tentang Apa itu Komputer yang bisa saya informasikan ke Anda, semoga Anda semakin paham tentang Apa itu Komputer.
Tolong Bagikan ke →

0 Response to "Pengertian Tentang Apa itu Komputer ? Komputer adalah"

Posting Komentar