Sejarah Singkat Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah Perkembangan Komputer

Siapa yang tidak kenal dengan Komputer ? benda yang satu ini sudah ibarat seperti nasi, sehari saja tidak menyentuhnya tubuh terasa lemas, dan kurang bergairah.

Tapi tahukah Anda, bagaiamana komputer Anda tersebut bermula, hingga menjadi Komputer yang sangat canggih seperti sekarang ini ? jika belum perikut adalah sejarah singkat perkembangan komputer dari masa ke masa yang berhasil saya rangkum dari beberapa situs di Internet.

Sejarah Komputer


Perkembangan atau Sejarah Komputer berawal dari ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). ENIAC adalah sebuah komputer pertama di dunia yang dibuat oleh perusahaan ABC (Atanasoff-Berry Computer). Namun sayangnya kompute pertama di dunia ini bukan dibuat untuk umum seperti komputer yang dibuat pada zaman sekarang.

Setelah Komputer ENIAC munculah komputer generasi kedua pada tahun (1955-1960) yang dinamakan Komputer Transitor, alasan penamaan tersebut dikarenakan telah ditemukannya Transitor yang mampu mengurangi daya sehingga mampu meminimalkan suhu di dalam komputer.

Dan di tahun 1960 Munculah Komputer generasi ketiga yang disebut Mainframe. Terdapat tambahan pada perangkatnya, yaitu Integrated Circuits atau yang biasa disingkat menjadi IC. Dengan adanya komponen tersebut, komputer kian kecil dalam hal ukuran. Untuk performa juga menjadi semakin  jauh baik.

Komputer generasi keempat diperkenalkan pada Tahun 1971 yang Telah berkembang pada komponen CPU atau Central Processing Unit yang menambah daya gedor komputer kian optimal. Komponen ini sering disebut microprocessor, yang pertama kali diciptakan bernamakan Intel 4004.

Dan Komputer Generasi Kelima sudah seperti yang kita lihat sekarang ini, hanya berukuran sekitar 50cm dan diameter tak lebih dari 30cm. Dan prediksinya di tahun-tahun kedepan Komputer akan semakin kecil dari segi ukuran namun akan semakin kuat dari segi Spesifikasi.

Kesimpulan Sejarah Perkembangan Komputer


Perkembangan komputer dari masa ke masa dimulai pada tahun 1940, dan terus dikembangkan hingga terciptalah komputer genersi kedua pad atahun 1955, lalu munculah komputer generasi ketiga pada tahun 1960, dan pada tahun 1971 inilah yang menjadi akhir dari komputer berukuran besar, dan di tahun ini pulalah resmi diperkenalkan Komputer genereasi ke 4 dan terus berkembang menjadi komputer genersi kelima seperti sekarang ini.
Tolong Bagikan ke →

2 Responses to "Sejarah Singkat Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa"

  1. Wow sampe2 skrng komputer jadi kebutuhan banget.Ditempat kami juga membuka kami membuka berbagai jenis pelatihan kursus komputer dan menerima jasa pembuatan website, aplikasi desktop maupun aplikasi android/IOS, mari kunjungi website kami di http://asianbrilliant.com.
    Kursus Komputer | Jasa Pembuatan Website, Aplikasi Desktop maupun Android/IOS


    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonya dengan ini setidaknya saya mengetahui perkembangan komputer dari masa kemasa.
    Kenalkan nama saya Muhamad fajar 1722500132 dari stimik atmaluhur
    jangan lupa kunjungi wabsite kampus saya (https://www.atmaluhur.ac.id)

    BalasHapus